Program Kerja Humas
BAB III
PROGRAM KERJA WAKASEK HUMAS
SMAN 1 PAMEKASAN
DASAR
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru danDosen
Undang-undang RI No. 22 Tahun 1999 tentangOtonomi
Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar NasionalPendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 TentangStandar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar danMenengah
Kalender Pendidikan SMA Negeri 1 Pamekasan Tahun Pelajaran2022
JENISKEGIATAN
KegiatanEksternal
Kegiatan ini berhubungan atau ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di luar sekolah. Kegiatan dari program ini adalah:
Indirect Act, adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara media tertentu seperti misalnya: informasi lewat televisi, penyebaran informasi lewat radio, Internet/Website Sekolah, melalui media cetak, pameran sekolah dan berusaha independen dalam penerbitan majalah atau buletinsekolah
Direct Act, adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melaluitatap muka, misalnya : rapat bersama dengan wali murid, dengan komite sekolah, audiensi dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dariinstansi
atau lembaga terkait dan atau dari msyarakat umum
KegiatanInternal
Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam atau internal sekolah, dimana sasarannya adalah warga dan civitas sekolah yaitu; Dewan Guru, Staff TU, dan peserta didik. Kegiatan ini juga dilakukan melalui program:
Indirect Act, kegiatan ini merupakan kegiatan internal tidak langsungyang dilakukan melalui media surat edaran, penggunaan papan pengumumandi sekolah, pemanfaatan majalah dinding, pemasangan pengumuman atau pemberitahuan khusus melalui mass media seperti surat kabar dan adanya kegiatan pentas seni sekolah.
Direct Act, sedangkan kegiatan ini merupakan kegiatan tatap mukalangsung yang dilakukan melalui; rapat dewan guru, upacara sekolah, karyawisata, pengajian bulanan dan pertemuan / rapat insidentil yang dilaksanakan sesuai kebutuhan.
BENTUK OPERASIONAL HUMAS SMAN 1 PAMEKASAN
Di bidang SaranaAkademik
Tinggi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional dan internasional), jumlah dan tingkat pendidikan para pendidiknya, saran dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan yang mendukung proses belajar mengajar, termasuk prestasi siswa yang selama ini tercapai baik regional, nasional maupun internasional.
Di BidangSosial
Partisipasi SMA Negeri 1 Pamekasan dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti, perayaan hari-hari besar nasional atau keagamaan , serta ikut berperannya sekolah terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan di sekitarnya yang meru pakan bentuk kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam menjaga lingkungan
Kegiatan Olah Raga danSeni
Kegiatan Non-Akademik ini juga merupakan salah satu kekuatan dalam menum buh kembangkan keperdulian sekolah terhadah kegiatan di luar sekolah, yaitu dengan ikut serta mengikuti lomba2 yang diadakan pihak luar seperti; PEGAS Tk. Kabupaten, berpartisipasi dalam perayaan tujuh belas agustus dan hari jadi Pamekasan, pemilihan Duta Lantas dan sebagainya.
Kegiatan KaryaWisata
Sebagai sarana hubungan sekolah dengan masyarakat luas di luar Pamekasan, sehingga kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan siswa untuk bersosialisasi dengan lebih terbuka.Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat, misalnyapengguna an Aula Sekolah, lapangan basket dan volly yang bisa dimanfaatkan masyarakat utamanya remaja pada hari minggu atau sabtusore.
Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sepertikegiatan HUT Sekolah, Bazar, Lomba Phytagoras dan Kompas dan tentunya kegiatan - kegiatan lain baik akademik maupunnon-akademik.
FAKTORPENDUKUNG
Terlaksananya kegiatan bidang kehumasan tentunya tidak terlepas dari adanya faktor pendukung yang menunjang, seperti:
Adanya program dan perencanaan yangsistematis
Tersedianya basis dokumentasi yang lengkap danmemadai
Tersedianya tenaga ahli yang terampil dan sarana prasarana yangmemadai
Kondisi organisasi sekolah yang mendukung untuk meningkatkan kegiatan kehumasan denganmasyarakat
Siswa-siswi yang memiliki kemampuan IQ, SQ dan EQ yang bisadiandalkan.